TUGAS 1
MATEMATIKA
Kelompok
3 :
1. Devinta
2. Ahmad Sayuti
3. Andri Hairiadi
4. Desfah Iriadi
5. Hazahara Sha’dah
Manfaat
matematika secara global
Matematika telah banyak menyumbangkan manfaat yang
besar bagi peradaban manusia. Ilmu matematika dapat diaplikasikan dengan ilmu
lain, dan menghasilkan sesuat yang menurut orang tidak masuk akal. Contohnya
saja pesawat yang terbuat dari bongkahan besi dan sangat berat dapat terbang di
udara. Setiap orang berkomunikasi dari jarak yang jauh menggunakan HP, gambar
jarak jauh yang dapat disaksikan semua orang melalui televisi, dan masi banyak
lagi lainnya implementasi matematika yang diaplikasikan dengan ilmu lain. Semua
itu tentu dengan menggunakan ilmu pasti, yaitu matematika.

Kaitan matematika dengan sistem informasi
Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa Al-Khwarizimi adalah
ahli matematika dari Uzbekistan (770 – 840). Al-Khwarizimi yang pertama kali
menemukan algoritma (algorizm).
Matematika merupakan ilmu yang didefenisikan
menggunakan simbol dan notasi matematika, dan algoritma adalah salah satu yang
dipelajari dalam matematika. Secara garis besar, algoritma adalah
langkah-langkah pemecahan yang tersusun secara logis dan terperinci. Pekerjaan
yang dilakukan oleh komputer berawal dari berbagai macam perintah yang
dimasukkan. Kumpulan perintah inilah
yang disebut sebagai algoritma.
Penggunaan algoritma diperlukan dalam sistem
informasi, karena algoritma dapat menciptakan efektifitas dan efisiensi
penciptaan pemrograman komputer, kecerdasan buatan, sistem digital, basis data,
teori komputasi, hubungan untuk struktur data, sistem digital, dan masih banyak
lagi lainnya.
Kontribusi matematika sangat besar dalam membangun
teknologi informasi, karena :
1.
Matematika
mengenal logika, yang dapat digunakan pada pemrograman komputer.
2.
Bahasa
pemrograman menggunakan angka binary ‘1 dan 0’ dan operasinya menggunakan
aljabar matematika.
3.
Penerapan
aljabar boolean pada sirkuit listrik. Aljabar boolean adalah aljabar yang
berhubungan dengan veriabel-veriabel logik. Variabel-veriabel diperlihatkan dengan
huruf-huruf alfabet, dan menggunakan tiga operasi dasar yaitu ADN, OR, dan
NOT(komplemen)
4.
Dasar
pengembangan hardware dan software
5.
Dasar
pengembangan dan penentuan bit dalam satuan komputer
6.
Dasar
penetapan dan penggunaan pemrograman jaringan
Pro dan kontra matematika sebagai mata
kuliah/sekolah
Dalam sebuah artikel yang dimuat dalam salah satu
situs berita news.detik.com yang
dipost tanggal 2 april 2014 memberitakan tentang guru-guru sekolah setingkat
SMU di New South Wales (NRW) Australia yang prihatin karena persentase jumlah
siswa yang mengambil kelas matematika dari tahun ke tahun terus menurun. Penurunan
minat siswa mengambil kelas matematika tahun ini mencapai 18% atau 3000 orang.
Asosiasi
Matematika telah mensurvey lebih dari 1000 guru matematika di sekolah menengah
mengenai partisipasi siswa mereka di kelas matematika dan akses bagi guru-guru
berkualitas.
Para guru
banyak yang merespon kalau siswa mereka cenderung memilih kelas matematika
dibawah tingkat kemampuan mereka, sementara banyak kelas matematika yang tidak
diajar oleh guru matematika sekunder yang ;memenuhi syarat.
Setengah
dari guru yang disurvei menilai kalau banyak siswa yang sebenarnya memiliki
kemampuan matematika yang bagus, tapi mereka cenderung memilih mata pelajaran
matematika yang kurang menantang untuk meningkatkan nilai akhir HSC dan ATAR
;mereka.
Para guru
ini juga yakin kalau keputusan siswa itu dipicu karena tingkat kesulitan dan
lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengambil mata pelajaran matematika yang
lebih tinggi tigkatannya.
Selain itu
kalangan guru juga mengaku prihatin dengan kemampuan matematika dasar yang
dimiliki siswa sebagai bekal mereka melanjutkan pendidikan di tingkat
universitas.
Lebih dari
80% dari siswa yang disurvey yakin kalau pihak universitas harus kembali
memperkenalkan prasyarat untuk gelar sarjana harus memiliki keterampilan tinggi
di tingkat matematika.
Karena
Asosiasi ini menilai banyak siswa yang kurang siap ketika duduk di bangku
universitas dan perlu melakukan program tambahan untuk mengejar ketinggalan. Asosiasi
ini juga menyimpulkan kalau kekurangan jumlah guru matematikan terus berlanjut.
Hal ini mengakibatkan banyak guru sekolah dasar dan menengah yang tidak
memiliki kualifikasi matematika formal yang mengajar subjek di sekolah tinggi.
Asosiasi ini
mengatakan 80 persen dari pelajaran matematika untuk siswa antara kelas 7 dan
kelas 10 saat ; ini harus ;diajarkan oleh guru yang berkualitas, tapi hal itu
tidak terjadi.
Hampir
sepertiga dari mereka yang disurvei di metropolitan Sydney melaporkan bahwa
staf mereka yang ; mengajar ; matematika di kelas 7 tidak memenuhi harapan
mereka. Survei menemukan akses untuk guru matematika berkualitas di tingkat daerah
bahkan jauh lebih sulit.
Lebih
setengah dari mereka yang disurvei setuju harus ada pilihan bagi guru
matematika yang tidak memenuhi syarat agar diberi pelatihan sehingga mereka
dapat mengajar subjek dari kelas 7 sampai 10.
Presiden
asosiasi, Catherine Attard, mengatakan strategi baru ada kebutuhan yang sangat
mendesak untuk meningkatkan jumlah guru yang berkualitas dan menarik lebih
banyak siswa ke mata pelajara matematika sebagai ; profesi.
Perbedaan Matematika dan Statistika
Perbedaan matematika dan statistika dalam makalah Linda Gattuso dan Maria
Gabriella Ottaviani ada tiga :
1.
Statistika lebih menekankan kepada penalaran
induktif sedangkan matematika cenderung menggunakan penalaran deduktif.
Statistika, dengan situasi yang sama dan data yang sama pula bisa memberikan
cara menganalisis yang berbeda dan memunculkan kesimpulan yang berbeda pula. Hal
itu membutuhkan penalaran induktif, bekerja dengan randomisasi/pengacakan,
pengambilan kesimpulan yang sesuai dan menginterpretasi hasil yang didapat
2.
Matematika menyajikan abstraksi
sedangkan statistika memberikan wawasan dengan penginterpretasikan situasi
nyata. Matematika merupakan ilmu yang abstrak, pada awalnya mungkin terkesan
nyata tetapi pada akhirnya matematika akan cenderung abstrak. Sedangkan
statistika lebih cenderung ke kejadian nyata. Kita tidak bisa menggunakan
perhitungan yang tepat karena kita hanya bisa
mengkira-kirakan/menginterpretasikan dari contoh kecil yang didapat/diambil.
3.
Matematika dan statistika berbeda
dalam penggunaan bilangan. Matematika melihat bilangan sebagai bagian dari
operasi, generalisasi, dan abstraksi sedangkan statistika memandang bilangan
yang dihubungkan dengan situasi nyata, sehingga penting dalam pembuatan
pemodelan dan mengambilan penalaran serta keputusan.
Daftar
Pustaka
1.
http://www.pustakasekolah.com/matematika-sejarah-dan-manfaat-matematika.html
2.
Dr.Munir,M.IT,...;Modul : Kontribusi Matematika Dalam
Teknologi Informasi dan Kompiter.
3.
http://news.detik.com/read/2014/02/14/122105/2497249/1513/guru-di-nsw-prihatin-minat-siswa-belajar-matematika-makin-rendah
4.
http://lutfi4math.wordpress.com/2012/02/18/perbedaan-matematika-dan-statistika/
:-d
BalasHapus